Senin, 16 Desember 2013

Posted by Unknown |
        
1.        Langkah pertama, kita pilih heading pada menu Style


2.        Kemudian pilih Heading 1 untuk format bab.


3.     Setelah heading 1 dipilih, klik “ Save Selection as New Quick Style ” pada menu Style. Ini diperuntukkan agar jika kita sudah beralih ke Bab selanjutnya, maka nama Bab sebelumnya tidak akan berubah.


4.        Setelah langkah ketiga dilakukan, akan muncul perintah seperti ini :


Berikan nama pada kolom name untuk bab. Tujuannya agar jika kita membuat heading lagi untuk sub-bab atau sub-sub bab, kita tinggal klik heading sesuai dengan nama yang sudah kita berikan pada setiap stylenya.


5.   Setelah meemberikan nama “BAB” pada heading 1, pilih Modify pada kotak dialog tersebut. Ini dilakukan untuk memberikan penomeran untuk beberapa bab agar nantinya perpindahan dari bab satu ke bab selanjutnya bisa secara otomatis muncul dengan hanya memilih heading 1 yang sudah diberikan sebuah nama “BAB” pada langkah sebelumnya.
·      Pilih Format, kemudian Numberring.


·     Kemudian pilih Define New Number Format. Kemudian pilih Number Style sesuai yang diinginkan, memakai angka ataupun romawi. Setelah itu pada kotak Number Format, tambahkan tulisan BAB agar nantinya secara otomatis akan tertulis bab 1 pada lembar kerja anda. Kemudian klik OK pada semua kotak dialog.


6.       Maka setelah semua kotak dialog ditutup, secara otomatis akan muncul “BAB 1” pada awal pengerjaan. Jika ingin melanjutkan pada bab berikutnya, maka anda hanya tinggal memilih heading 1 yang sudah terdapat nama BAB. Ini akan mempercepat kita dalam membuat booknote.


7.     Untuk pembuatan sub-bab dan sub-sub bab, maka hal yang harus dilakukan sama dengan langkah – langkah tersebut diatas. Yang membedakan adalah kita harus memakai heading baru untuk sub-bab dan heading baru untuk sub-sub bab, serta nama yang berbeda disetiap stylenya unuk mempermudah kita. Kemudian perbedaan juga terletak pada pemberian nama pada pemberian nama pada Number Format. Karena untuk sub-bab atau sub-sub bab berbeda.
·   Kita pilih modify pada kotak dialog “Save Selection as New Quick Style” untuk format sub-bab, yaitu biasanya dengan penomeran 1.1. Maka jika nanti kita ingin melanjutkan pada sub-bab berikutnya, kita hanya tinggal memilih heding 2 yang sudah diberikan nama SUB BAB. Sehingga secara otomatis akan tertulis 1.2 untuk melanjutkan pada sub-bab selanjutnya. Begitu juga dengan sub-sub bab, kita pilih heading yang belum digunakan sebelumnya.


3 komentar:

  1. lalu bagaimana caranya untuk subjudul di bab berikutnya? apakah harus mengganti format heading lagi?

    BalasHapus
  2. Baik sub judul maupun sub sub judul sdh otomatis, tp setelah sy perhatikan yg bertambah angka didepan misal, 1.1 menjadi 2.1, 3.1, dst. apakah ada cara lain agar otommatis menjadi 1.2, 1.3, dst. Mhn pencerahannya. Trimssss

    BalasHapus
  3. Mengapa di bab 2 tidak muncul 2.1 yang ada malah seperti di bab 1 mohon penjelasanya

    BalasHapus